Sejarah Apple Watch dari Awal Pembuatan Sampai Sekarang

By | January 19, 2019

Selain smartphone dengan segala kecanggihannya, sekarang ini juga banyak produk-produk jam yang dapat terintegrasi langsung dengan perangkat mobile atau bahkan yang berdiri sendiri. Namun ternyata, jam tangan pintar atau yang biasa dikenal dengan istilah smartwatch tersebut mulai diciptakan dan kemudian dirilis ke publik pada tahun 1982 yang dinamakan Pulsar NL C01.

Setelah Pulsar NL C01, Seiko sebagai induk dari Pulsar kemudian merilis Seiko RC-1000 paa tahun 1984. Dan dari tahun ke tahun bermunculan produk smartwatch, walaupun jumlahnya tidak sebanyak atau sebesar perangkat mobile lainnya.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Microsoft mengawali menciptakan produk smartwatchnya yaitu Microsoft SPOT pada tahun 2004 silam. Setelah itu, Samsung mulai masuk ke ranah smartwatch dan mulai memperkenalkan produk jam tangan pintar mereka yang pertama, yaitu Samsung S9110 Warch Phone pada tahun 2009.

Apple sendiri sebenarnya sudah memiliki wacana untuk menciptakan produk sejenis dari tahun 2002. Pada saat itu, Jonathan Ive selaku desainer Appke memesan jam tangan olahraga paling canggih buatan Nike, yaitu Nike Presto Digital Bracelets . Dan pada bulan Agustus 2011, Apple mengirimkan permintaan paten untuk sebuah produk jam tangan dengan teknologi kinetik yang mana mengusung sensor sentuh pada layarnya. Permintaan tersebut baru disetujui pada bulan Februari 2013. Di tahun yang sama, Apple kembali mengirimkan permintaan paten untuk produk jam tangan yang mereka beri nama iTime.

Setelah kematian Steve Jobs pada tahun 2011 kemarin, Ive langsung bertindak untuk memimpin tim pembuat jam tangan canggih itu. Bahkan Ive juga mengundang banyak pakar jam tangan dalam proses pembuatan smartwatch itu, termasuk salah satunya adalah pakar jam tangan antik dari Prancis, Dominique Flechon.

Lama hanya terdengar rumor-rumornya saja, pada bulan Desember 2012, sebuah perusahaan dari Cina membocorkan bahwa Apple sedang dalam posisi pembuatan produk baru yang mana akan menggunakan chipset dari Intel dan layar sentuh berukuran 1.5 inci yang terhubung langsung dengan smartphone.

Dan sejak itulah, dari tahun ke tahun Apple selalu dirumorkan sedang dalam posisi merakit sebuah smartwatch. Bahkan ada anggapan bahwa Apple sengaja membuat smartwatch karena Samsung sebagai rivalnya sudah 2 kali merilis produk jam tangan pintar itu, sedangkan Apple sendiri belum memiliki produk sejenis.

Dan akhirnya, per tanggal 24 April 2015, Tim Cook selaku CEO Apple yang menggantikan Steve Jobs maju ke atas mimbar dan mulai memperkenalkan produk jam tangan pintarnya yang diberi nama Apple Watch. Produk ini memiliki menggunakan prosesor S7002 S1 dengan fasilitas Bluetooh 4.0 yang berfungsi untuk menghubungkan dengan iPhone.

Apple Watch generasi pertama ini hanya dilengkapi dengan internal storage sebesar 8GB dan RAM sebesar 512MB. Walaupun spesifikasinya kurang begitu menarik, namun siapa sangka justru Apple Watch ini menjadi salah satu produk paling banyak diminati. Bahkan hanya dalam 6 bulan saja di tahun 2015, sudah terjual sebanyak 4.2 juta unit.

Setelah itu, satu tahun kemudian tepatnya pada bulan September 2016, Apple kembali merilis Apple Watch Series 2 dengan beberapa pembenahan dan penambahan fitur di dalamnya. Di saat Apple Watch Series 2 ini dirilis, Apple Watch generasi pertama langsung tidak dilanjutkan lagi produksinya. Hal tersebut juga terjadi saat Apple merilis produk baru, model sebelumnya langsung dihentikan produksinya.

Sekarang ini produk jam tangan pintar milik Apple sudah memasuki seri yang ke-4. Apple Watch Series 4 tesebut diperkenalkan ke publik pada tangal 12 September 2018 kemarin. Hanya saja, ketika Apple Watch Series 4 diperkenalkan, Apple belum menghentikan produksi dari Apple Watch Series 3 dan justru menurunkan harganya. Hal itu dikarenakan dibandingkan dengan seri pertama dan kedua, jam tangan pintar dari Apple yang ketiga ini sangat laris di pasaran.