Sejarah Apple Macintosh, Produk yang Awalnya Diremehkan oleh Banyak Jajaran Petinggi Apple

By | January 12, 2019

Jika kamu mengira bahwa nama Macintosh adalah benar-benar nama yang diciptakan oleh Apple untuk dipakai sebagai nama produknya, maka pendapat kamu itu salah. Pasalnya, nama tersebut merupakan nama dari sebuah buah apel yang ditemukan pertama kali oleh seorang petani bernama John McIntosh saat menggarap kebunnya di Dundela, South Dundas, Ontario, Kanada pada tahun 1811, yaitu McIntosh Red atau dikenal juga dengan sebutan Mac.

Apel McIntosh ini merupakan buah asli Kanada yang memiliki warna merah yang berpadu dengan warna hijau. Buah satu ini di abad 20-an menjadi buah yang sangat populer di Eastern Canada dan New England. Tidak sedikit yang menjadikannya sebagai makanan sehari-hari, kudapan atau juga dimakan secara langsung.

Terlepas dari hal itu, seiring dengan pembuatan produk Apple Lisa yang diklaim sebagai personal computer pertama di dunia yang menggunakan sistem Graphical User Interface (GUI) dan juga mouse sebagai pengendali cursornya, Apple ternyata juga memiliki project lain yang mana ditangani oleh seseorang yang bernama Jeff Raskin. Project tersebut dimulai pada bulan September 1979 bersaing dengan penggarapan Apple Lisa yang lebih diperhatikan oleh segenap jajaran petinggi Apple.

Raskin sendiri memiliki misi untuk menciptakan sebuah produk komputer yang murah dan dapat dibeli oleh semua golongan masyarakat, namun berkualitas tinggi. Untuk itu, dia kemudian mencari seorang teknisi yang mampu membuatkan prototype sesuai gambarannya itu. Lantas, Bill Atkinson, seorang anggota dari tim Lisa memperkenalkan Burrell Smith yang mana bekerja sebagai seorang teknisi kepada Raskin.

Dan akhirnya Raskin mengumpulkan orang-orang yang dipandangnya sangat kredibel untuk menjadi tim di bawah kepemimpinannya. Mereka antara lain, Arkinson, Smith, Chris Espinosa, George Crow, Joanna Hoffman, Bruce Horn, Susan Kare, Jerry Manock, Brian Howard, Bud Tribble, Daniel Kottke dan Andy Hertzfeld.

Untuk nama timnya, Raskin kemudian memakai nama buah apel favoritnya, McIntosh yang mana menurutnya masih sepadan dengan nama dan juga logo perusahaan, Apple. Hanya saja, walaupun timnya kurang begitu populer dan produknya pun masih belum ada, dikarenakan takut menabrak hak cipta penggunaan nama yang mana sebelumnya sudah ada McIntosh Laboratory, Inc., atau sebuah perusahaan penyedia perangkat audio, akhirnya Jobs mencoba merayu pihak McIntosh Laboratory, Inc. agar bersedia berbagi nama.

Alih-alih permintaan Jobs itu dikabulkan, pihak McIntosh Laboratory, Inc. justru mengatakan jika Apple ingin menggunakannya, maka mereka harus membeli hak patennya. Dan akhirnya, Apple terutama Raskin untuk sementara tetap menggunakan nama McIntosh sembari mencari nama yang tepat lainnya.

Selama bertahun-tahun tim yang dikepalai oleh Raskin mengerjakan project tersebut dan berusaha untuk menunjukkan kepada jajaran petinggi Apple bahwa mereka tidak kalah dengan tim Lisa. Panel can circuit boardnya sendiri digarap langsung oleh Smith yang mana pada akhirnya di tengah goyahnya ketidaksukssan penjualan Apple Lisa, tim McIntosh berhasil membuat produk yang juga menggunakan mouse serta sistem GUI, akan tetapi harga produksinya lebih rendah dan spesifikasinya lebih bagus.

Dikarenakan itulah, Jobs kemudian mulai tertarik untuk melihat tim McIntosh daripada tim Lisa dan semua produk yang dianggap gagal itu. Di tahun 1981, Raskin mulai menemukan nama lain yang tidak menabrak hak paten dari McIntosh Laboratory, Inc., yaitu Macintosh. Sayangnya, dikarenakan sesuatu hal, Raskin meninggalkan timnya pada tahun yang sama karena berseteru dengan Jobs. Dan akhirnya tampuk kepemimpinan tim dipegang langsung oleh Jobs sejak saat itu setelah dia juga ditendang dari tim Lisa. Jobs pun merekrut anggota baru ke dalam timnya, seperti Bob Belleville, Steve Capps, Donn Denman, George Crow, Lary Kenyon dan Caroline Rose.

Dari segi desain, model prototype Macintosh buatan Jobs lebih bagus dibandingkan dengan buatan Raskin. Dan Jobs juga menggunakan banyak hal yang terdapat pada Apple Lisa untuk diterapkan di Macintosh, termasuk sistem GUI yang diperoleh dari PARC milik Xerox tersebut.

Pada bulan Desember 1983, secara mengejutkan Apple memunculkan sebuah iklan televisi yang mana hanya tayang sekali saja dengan memberikan sedikit clue bahwa mereka akan merilis sebuah produk komputer baru. Dan di bulan Januari 1984, Apple kembali menayangkan iklan mereka tentang Macintosh tersebut pada saat digelarnya Super Bowl dengan tampilan bahwa produk mereka berhasil menghancurkan produk dari IBM.

Di bulan yang sama, akhirnya Apple merilis produk Macintosh yang mana dalam 70 jam pertama terjual sebanyak 50 ribu unit. Walaupun dikatakan lebih bagus dibandingkan Apple Lisa, namun menurut CEO Apple yang baru John Sculley, Macintosh kurang begitu berhasil dan hal itulah yang akhirnya memunculkan perseteruan dengan Jobs.