Sejarah Apple Lisa, Produk Apple yang Banyak Menuai Kontroversi

By | December 8, 2018

Setelah merilis Apple-1 dan kemudian akhirnya impian Ron Wayne, Steve Wozniak dan Steve Jobs untuk mendirikan sebuah perusahaan penghasil perangkat komputer akhirnya tercapai. Apple didirikan dengan tutup tambal di segala bidang, termasuk dalam hal produksinya.

Dan setelah produk ke sekian diciptakan, akhirnya Apple merilis satu produk komputer terbaru mereka yang dinamakan Apple Lisa. Nama Lisa sendiri merupakan akronim dari “Locally Integrated Software Architechture” yang mana menjadi komputer pribadi atau personal computer pertama yang diciptakan manusia dengan menggunakan Graphical User Interface (GUI).

Pada waktu itu, banyak komputer yang berbasis teks saja di mana kamu hanya dapat menuliskan sederet perintah menggunakan keyboard dan kemudian baru sistem akan merespon dan mengaplikasikan perintah itu. Namun dengan sistem GUI ini, maka seseorang dapat langsung mengoperasikan apapun yang mereka inginkan dengan cara meng-klik gambar kecil yang terpampang pada layar monitor menggunakan alat yang dinamakan ‘mouse.’

Namun sebenarnya, Apple Lisa yang dikatakan sebagai personal computer pertama yang menggunakan sistem GUI tidaklah sepenuhnya tepat, karena pada tahun 1973, Palo Alto Research Center (PARC) milik Xerox telah menciptakan perangkat yang sama, hanya saja produk tersebut tidak pernah dijual ke publik. Dan kemudian idenya dimanfaatkan oleh Apple untuk menciptakan Apple Lisa itu.

Kembali ke sejarah penamaan Lisa ini, walaupun sudah dikatakan bahwa nama tersebut merupakan kependekan atau singkata dari Locally Integrated Software Architechture, namun ada pula yang mengartikan bahwa Jobs yang menjadi salah satu petinggi Apple dan mengurusi project tersebut memakai nama Lisa sesuai dengan nama anaknya, Lisa Nicole Brennan.

Hanya saja, akhirnya banyak perdebatan mengenai penggunaan nama Lisa tersebut, ada yang menyebutkan bahwa Jobs sengaja membawa masalah personal ke sebuah project yang ditanganinya ada pula yang justru mengolok-olok nama tersebut dengan menciptakan artian lain, Let’s Invent Some Acronym.” Dan akhirnya, pada saat berbicara dengan penulis buku biografinya, Walter Isaacson, akhirnya Jobs mengaku bahwa nama Lisa diambilkan dari nama anaknya.

Komputer bernama Apple Lisa ini sendiri dimulai penggarapannya pada tahun 1978 untuk menciptakan generasi yang benar-benar baru dan berbeda dengan model-model sebelumnya, seperti Apple-1, semua generasi Apple II ataupun dari model-model komputer buatan perusahaan lainnya.

Dalam proses pembuatan produk satu ini, banyak intrik dan juga kontroversi yang terjadi, salah satu di antaranya adalah keluarnya Wozniak dari Apple yang telah dia dirikan karena project Lisa ini secara tiba-tiba dijalankan oleh Ken Rothmuller yang merupakan mantan direktur di HP.

Sayangnya, terjadi kelambanan dalam proses penciptaan Lisa ini, padahal deadline perilisannya adalah pada tahun 1981. Bahkan divisi marketing Apple waktu itu juga mengatakan bahwa agak susah untuk menjual produk dengan layar monitor berbasis CRT dengan prosesor 16-bit itu. Ditambah lagi, teknisi yang terlibat dalam project tersebut belum menemukan ide lain selain meneruskan program dari Apple II.

Dan akhirnya, setelah 2 kali berkunjung ke PARC dan melihat-lihat prototype yang sedang dalam proses pembuatan, para teknisi Lisa akhirnya memiliki ide untuk mengembangkan produk komputer itu dan terciptalah Apple Lisa.

Lewat dari tahun yang telah ditetapkan menjadi deadline, pada bulan Mei 1982, rumor mengenai Apple akan merilis produk personal computer dengan mouse merebak. Dan akhirnya secara resmi Apple Lisa hadir per tanggal 9 Januari 1983 yang mana dijual dengan harga USD9,995 pada waktu itu.